Kamis, 07 Januari 2010

Harga Cabe Mulai Naik

Kediri-HARIAN BANGSA
Menjelang Natal dan Tahun baru 2009 harga cabe di Kediri mulai merangkak naik. Kenaikan harga ini diakibatkan oleh tingginya curah hujan yang turun akhir-akhir ini, sementara jumlah permitaan mengalami pertambahan.
Untuk menyiasati kerugian akibat kondisi harga yang fluktuatif tersebut, beberapa pedagang besar di Pasar Grosir dan Pasar Bandar Kediri terpaksa mengurangi stok barang.

Kenaikan harga cabe terjadi pada semua jenis mulai cabe rawit, cabe merah, cabe besar hingga cabe hijau. Pada umumnya, harga dari semua jenis cabe ini mengalami kenaikan 30 persen hingga 50 persen, dari harga sebelumnya.

Misalnya, harga cabe rawit yang dulu Rp 4.000/kg hingga Rp .5000/kgnya, sekarang mencapai Rp 8.000/kg hingga Rp 8.500/kg. Harga cabe merah besar yang sebelumnya Rp 6.000/kg sekarang menjadi Rp 13.000/kg hingga Rp 13.500/kgnya.
"Kenaikan harga cabe ini bersifat fluktuatif, terus mengalami kenaikan sejak hari Raya Idul Adha kemarin hingga sekarang," ujar Andik, salah satu pedagang cabe, Minggu (14/12) siang.
Pria yang mengaku sudah 10 tahun menggeluti usaha berdagang cabe itu mengaku kenaikan harga cabe karena tingginya curah hujan yang berakibat rusaknya tanaman cabe.

"Sebelumnya, saya kulakan dari wilayah Nganjuk. Namun, karena pertanian cabe di sana gagal lantaran banyak yang busuk akibat terendam banjir. Akhirnya, saya kulakan dari Banyuwangi, meskipun dengan harga yang tinggi," imbuh Andik. Dalam kondisi harga yang tidak menentu seperti saat ini, Andik tidak mau berspekulasi. Ia memilih untuk mengurangi stok barang.
Masih kata Andik, kenaikan harga cabe tersebut, diperkirakan akan terus mengalami kenaikan. Terlebih, mendekati hari Natal dan tahun baru.

"Tentunya, permintaan cabe mendekati Natal dan Tahun akan bertambah. Seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya," terang Andik.
"Sekarang kami,( Andik dan teman satu kios) hanya berani menyetok 1 ton hingga 1,5 ton per hari. Takutnya, apabila tiba-tiba harga anjlok, atau naik drastis, bisa rugi. Padahal, jika harga stabil kemarin kami menyetok 2 ton per hari," aku, pria yang mendiami kios Cabe Rawit C-43. Hal senda juga dikatakan oleh Wati, pedagang di Pasar Bandar Kecamatan Mojoroto, Kota Kediri.

"Harga cabe naik sejak tiga hari yang lalu. Besar kenaikan harga cabe mencapai 4.000/kgnya," ujarnya, ketika ditemui di Pasar Bandar, Minggu (14/12).
Secara terpisah, Edi, pembeli asal Lingkungan Ngaglik Kelurahan Ngadisimo Kota Kediri mengaku kenaikan harga cabe terus mengalami peningkatan.
"Kenaikan terjadi sudah satu minggu ini," ujar Edi, yang juga pedagang kios itu.
Sekedar diketahui, saat ini harga cabe merah kecil di Pasar Grosir Kediri Rp 8.500/kg, cabe hijau kecil Rp 5.000/kg, cabe besar Rp 13.000/kg, sedangkan cabe hijau besar Rp 3.000/kg.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar